Benarkah Ponsel 4G Berisiko Sebabkan Kanker Otak

Benarkah Ponsel 4G Berisiko Sebabkan Kanker Otak
Benarkah Ponsel 4G Berisiko Sebabkan Kanker Otak - Ponsel sekarang adalah salah satu barang yang semua orang pasti memilikinya. Mulai dari ponsel biasa, hingga sekarang yang lagi ngetrend adalah ponsel 4G. Ponsel 4G masuk Indonesia sejak tahun lalu, ponsel 4G ini menawarkan internet yang super cepat bagi pengguna, dengan alasan itu banyak orang yang memburu ponsel 4G ini karena kecepatan internetnya.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, amankah ponsel 4G untuk kesehatan kita? Menanggapi hal ini, kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok melakukan penelitian. Seperti yang dipublikasi melalui Clinical Neurophysiology Journal, Tiongkok meneliti dampak sinyal 4G terhadap otak manusia.

Penelitian yang dilakukan pada 18 orang dewasa muda di Tiongkok yang rutin menggunakn ponsel setiap hari. Mereka di berikan sinyal LTE (long-Term-Evolution)- yang merupakan teknologi 4G, di dekatkan pada telinga sebelah kanan selama 30 menit. Sebelum dan sesudah di beri sinyal LTE, aktivitas otak mereka dinilai menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Hasilnya cukup mencengangkan. Ternyata, paparan sinyal LTE selama 30 menit saja sudah menyebabkan adanya perubahan ativitas di otak. Meskipun sinyal LTE tersebut didekatkan pada telinga kanan, namum perubahan aktivitas otak bukan hanya pada bagian kanan saja, tetapi terjadi juga otak bagian kiri.

Perubahan akitivitas otak tersebut merupaka dampak jangka pendek dari penggunaan ponsel 4G yang sudaj terbukti. Namum demikian, para peneliti menduag salah satu dampak jangka panjang mungkin saja bisa menyebabkan kanker otak pada orang yang rutin menggunakan ponsel 4G.

Dugaan tersebut muncul settelah dilakukan studi yang dilakukan di Barkeley, menggunakn tikus yang diberikan sinyal LTE. Hasilnya menunjukkan bahwa otak tikus mengalami kerussakan DNA, yang bisa berisiko menyebabkan kanker otak. Untuk memastikan hal yang sama pada manusia, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih pasti.

Studi yang dilakukan di Tiongkok mungkin sebuah penemuan awal, yang mungkin saja bisa berlanjut untuk di teliti lagi. Pendeknya, penggunaan ponsel 4G dalam waktu pendek terbukti dapat memengaruhi otak manusia. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan ponsel Anda dengan bijak, ya!

Demikian mengenai Benarkah Ponsel 4G Berisiko Sebabkan Kanker Otak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Benarkah Ponsel 4G Berisiko Sebabkan Kanker Otak"

Posting Komentar