Penelitian: Foto Selfie dan Upload di Medsos Bikin Bahagia

Penelitian: Foto Selfie dan Upload di Medsos Bikin Bahagia
Penelitian: Foto Selfie dan Upload di Medsos Bikin Bahagia - Zaman sekarang, siapa sih yang enggak pernah foto selfie, lalu di masukkan ke media sosialnya masing-masing, mulai dari facebook, twitter, instagram, path dan lain-lain. Apalagi kalau foto selfie tersebut di sukai banyak orang dan mendapatkan komentar yang positif.

Tak sedikit juga saat mengupload foto ke media sosial sering kali banyak orang juga mencibir. Namun, ternyata riset  berkata lain. Penelitian yang dilakukan di University of Southern California membuktikan, kegiatan tersebut justru berarti seseorang menikmati kegiatannya dan meras lebih bahagia.

"Penelitian kami menujukka bahwa mengambil foto mampu menambah efek positif sebuah pegalaman karena meningkatkan rasa keterlibatan seseorang," Ujar Kristin Diehl, seperti dikutip dari Daily Mail.

Diehl mengajak 2000 responden berpartisipasi dalam beragam kegiatan, mulai dar berpergian naik bus sampai bersantap di pujasera. Sebagian peserta diwajibkan menngambil foto dan yang lain hanya diminta menikmati acara.

Sepanjang kegiatan, responden juga diharuskan mengisi survei pengukur kebahagia mereka. Laporan kemudian membuktikan bahwa tingkat kegembiraan paling tinggi dimiliki responden yang berfoto dan mengupload ke media sosial.

"Rasa hanyut dan keterlibatan dalam kegiatan itu menjadi faktor penting yang memperngaruhi tingkat kesenangan mereka." Ujar Diehl

Selain mengupload foto di medai sosial, selfie juga terbukti mampu memberikan dampak yang positif bagi para pelakunya. Psikologi dari Universiti of California meminta 41 siswa untuk berfoto di sela-sela kegiatan sembari menuliskan keadaan emosi meraka.

Awalnya, para siswa hanya diminta mencataa suasana hati mereka tiga kali sehari selama empat minggu. Tiga pekan setelah itu, peserta dibagi menjadi tiga kelompok, salah satu bertugas menceritakan  perasaan serta berfoto sambil tersenyum.

Pada Akhir penelitian, grup yang melakukan berfoto tersebut dilaporkan mempunyai tingkat kepercayaa diri paling tinggi. Selain itu, mereka juga dinilai lebih bahagia dibanding grup lainnya.

Selfie ternyata dapat mengajarkan seseorang agar lebih menghargai dirinya sendiri. Misalnya seseorang bisa mengetahui ekpresi jika sedang marah, sedih maupun bahagia.

Demikian mengenai Penelitian: Foto Selfie dan Upload di Medsos Bikin Bahagia, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penelitian: Foto Selfie dan Upload di Medsos Bikin Bahagia"

Posting Komentar