Ternyata Bawang Putih Baik untuk Jantung

Ternyata Bawang Putih Baik untuk Jantung
Ternyata Bawang Putih Baik untuk Jantung - Bawang putih adalah salah satu bahan yang pasti ada di dapur. Dan sejak zaman dahulu, bawang putih di percaya bisa untuk mengatasi sakit. Saat mengalami batuk, pilek, demam, hipertensi, atau penyakit jantung -  bawang putih dipercaya memerikan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun benarkah demikian?

Studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2016 ini melaporkan bahwa bawang putih terbukti bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 7-16 mmHg pada orang yang mengalami hiertensi, dan menurunkan kolestrol total sebesar 7-30 mg/dL. Selain itu, bawang putih juga melindungi pembuluh darah sehingga tidak mudah tersumbat. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi bawang putih memiliki manfaat baik untuk jantung kita.

Bawang putih yang digunakan dalam studi tersebut adalah ekstrak bawang putih mentah. Bawang putih mentah diyakini memiliki kandungan antioksidan dan beberap zar lain yang bermanfaat. Pemrosesan bawang putih, misalnya dengan digoreng atau di panggang, diduga akan merusak kandungan zat-zat tersebut.

Meski terbukti bermanfaat untuk tubuh, hingga saat ini berapa dosis bawang putih yang tepat dan bagaimana cara pengolahannya yang paling optimal untuk menurunkan tekanan darah dan kolestrol, masih menjadi kontroversi.

Disamping itu, bawang putih juga belum terbukti mampu menggantikan fungsi obat-obatan untuk hipertensi, kolestrol tinggi, atau penyakit jantung. Karena itu, temuan di atas perlu disikapi dengan bijak.

Sah-sah saja mengonsumsi bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, anjuran dan pengobatan dari dokter juga tetap harus diikuti.

Demikian mengenai Ternyata Bawang Putih Baik untuk Jantung, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ternyata Bawang Putih Baik untuk Jantung"

Posting Komentar