Tips untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget

Tips untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget
Tips untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget - Gadget adalah salah satu barang yang semua orang paling banyak di pakai, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, kebanyakan orang tidak bisa lepas dari gadget. Dari dewasa sampai anak-anakpun bisa kecanduan gadget.

Jika anak Anda sering memakai gadget, maka tingkat eksplorasi tubuh akan semakin berkurang, dan ini bisa membuat tumbuh kembang si anak akan menjadi terganggu. Untuk itu orang tua harus membatasi pemakaian gadget.

Tapi kadang ada kendala saat membatasi anak memakai gadget, entah kurang tegas atau memang tak tega dengan anak saat anak tidak bisa memainakn gadget. Nah, mungkin cara dibawah ini bisa Anda gunakan untuk mencegah anak dari kecanduan gadget :

1. Buat Perjanjian

Sebenarnya anak usia 2-4 tahun tidak membtuhkan gadget sama sekali. Pada usia itu, anak lebih baik tidak memegang gadget, karena pada masa itu anak dalam masa tumbuh kembang. Sementara  untuk anak diusia itu , gadget dibolehkan dengan syarat-syarat khusus.

Misalnya hanya satu jam sehari boleh main gadget Atau gadget hanya bisa digunakan saat hari sabtu dan minggu. Jadi buatlah perjanjian dengan anak.

2. Playdate

Playdate merupakan trik lain untuk mencegah anak kecanduan pada gadget. Hal ini bisa dikarena anak tidak memiliki aktivitas yang menarik, makanya anak akan main gadget.

Untuk itu, ada baiknya orang tua membuat janji dengan orang tua lain yang memiliki anak dengan usia sebaya. Playdate sebaiknya dilakukan dengan tema sehingga anak tidak ingin menggunakan gadget saat bermain bersama.

3. Jadikan Reward

Salah satu trik lain untuk mencegah anak kecanduan gadget adalah dengan menjadi hal tersebut sebagai reward atau ganjaran atas prestasu dan perbuatan baik yang dilakukan oleh si anak.

Psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi mengatakan orang tua perlu megatur kapan waktu bermain anak. waktu di sini merujuk pada kapan dan beberpa lama anak bermain games tersebut.

"Kemudian orang tua bisa menjadikan games itu sebagai reward. Konten juga jangan lupa mesti diperhatikan ya, plih yang sesuai dengan usia anak kemudian jangan lupa ajak anak berdiskusi dengan anak bahwa games tersebut hanyalah permainan semata sehingga anak tidak terlalu menjiwai-nya," tutur Ratih

4. Bermain Bersama

Cara yang terakhir dan paling jitu bisa digunakan adalah bermain bersama dengan anak. Bermain dengan anak tak hanya dengan mainan, tapi bisa saat pas mandi ataupun pas ganti baju.

Bagaimana dengan orang tua yang bekerja dan memiliki sedikit waktu di rumah? Untuk hal ini, mengembalikan kepada penilaian masing-masing orang tua. Pasalnya, hanya orang tua yang mampu mengatur jadwal diri mereka dan melaukan yang terbaik untuk si kecil.

Tapi jika Ibu pulang saat malam, bisa dibacakan dongeng anak yang aga besar. Atau kalau masih bayi, ibu dan bayi tidur lebih awal sehingga bangun subuh bisa main dulu sebelum berangkat kerja.

Demikian mengenai Tips untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya 
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget"

Posting Komentar