Semakin Banyak Lemak di Perut, Semakin Tua Usia Otak

Semakin Banyak Lemak di Perut, Semakin Tua Usia Otak
Semakin Banyak Lemak di Perut, Semakin Tua Usia Otak - Mempunyai lemak berlebihan di perut memang tidak nak di lihat. Tak hanya menghambat pergerakan karena terlalu banyak lemak di perut. Ternyata, kelebihan lemak juga bisa bikin kemampuan otak menyusut. Alasannya lemak membuat otak menjadi lebih cepat tua dari usia sesungguhnya.

Penelitian yang dilakukan, dan dipublikasikan dalam Neuribiology of Aging menyebut kaitan antara lemak dan otak. Hasilnya makin banyak lemak yang ada diperut, maka semaki tua usia otak dari seharusnya.

Penelitian yang melibatkan 527 orang dewasa ini menujukkan bahwa partispan yang tergolong obesitas memili lebih sedikit white metter atau materi putih otak. Patokan obesitas yang digunakan para peneliti adalah skala Body Mass INdex (BMI). Partisipan dengan BMI di atas 25 dikategorikan obesitas oleh para peneliti.

White matter sendiri adalah jaringan penghubung di otak. Jaringan ini yang mengatur jalur komunikasi dan pengiriman sinyal dalam otak. Jaringan ini juga yang bertanggung jawab atas memori atau ingatan seseorang.

White matter merupakan bagian otak yang terus berkembang. Saat seseoang mencapai usia 40 tahun, biasanya fungsi white matter mulai mengalami penurunan Tak heran jika gangguan ingatan terjadi pada usia lanjut.

Seiring usia bertambah, fungsi ehite matter akan menurun secara alami. Tapi obesitas mampu mempercepat penurunan fungsi tersebut. Faktanya, partisipan yang mengalami obesitas memiliki usia otak lebih tua sepuluh tahun dari seharusnya.

Penjelasn yang masuk akan, lanjut Lisa, jaringan lemak yang terlalu banyak tubuh menghasilkan protein penyebab radang yang disebut sitokin. Protein sitokin ini mampu merusak otak.

Sebelumnya telah ada penelitian yang mengenai obseitas dan kinerja otak. Hasilnya, lemak disebut dapat meningkatkan risiko demensia atau gangguan ingatan.

Tak ada salahnya untuk mulai mengurangi lemak dalam tubuh Anda saat ini juga. Apalgi ada penelitian yang menyebutkan kalau berat badan yang normal turut meningkatkan kinerja otak.

Demikian mengenai Semakin Banyak Lemak di Perut, Semakin Tua Usia Otak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Semakin Banyak Lemak di Perut, Semakin Tua Usia Otak"

Posting Komentar