Waspada, Berciuman Bisa Memicu Penyakit Ini!

Waspada, Berciuman Bisa Memicu Penyakit Ini!
Waspada, Berciuman Bisa Memicu Penyakit Ini! - Salah satu tanda sayang dari kekasih adalah dengan berciuman, berciuman adalah bukti kalau sepasang kekasih saling mencintai. Tapi, tahukan Anda kalau cium yang menjadi tanda cinta itu ternyata berbahaya bagi kesehatan?

Mengapa ciuman berbahaya? Mungkin ini masih menjadi pertanyaan. Ciuman dapat menjadi media pertukaran penyakit. Sebab saat berciuman yang dilakukan selama sepuluh detik saja bisa memindahkan 80 juta lebih bakteri maupun virus. Dengan demikian, risiko Anda terserang penyakit menjadi semakin tinggi.

Nah, berikut adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh ciuman yang dikutip dari lama klikdokter.com :

1. Citomegalovirus (CMV)

Citomegalovirus menyebar melalui cairan ludah, yang artinya jika kalian berciuman, maka kemungkinan Anda bisa terserang penyakit ini. Penyakit ini jarang menimbulkan gejala, sehingga sebagian besar penderita tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi virus CMV yang sudah masuk dalam tubuh akan selamanya menetap, dengan kondisi yang tidak aktif. Virus akan aktif saat penderita mengalami penurunan daya tahan tubuh.

2. Epstein-Barr Virus (EBV)

Epstein-Barr Virus juga menyebar melalu cairan ludah penderitanya. Oleh karena itu, berciuman merupakan salah satu faktor risiko utama penyebaran penyakit ini. Virus ini dapat menyebabkan infeksi mononucleosis dan penyakit kanker nasofaring.

3. Herpes Oral

Herpes oral atau herpes simplek-1 merupakan infeksi pada daerah mulut bibir dan gusi akibat irus herpes. Penyakit ini dapat menular jika Anda berciuman dengan penderitanya, atau virus masuk melalui luka di kulit sekitar mulut.

4. Polio

Penyakit polio disebabkan oleh virus. Virus ini menyebar melalui kontak dengan air liur penderita, makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran pederita.

5. Gondongan

Gondongan (mumps) merupaka penyakit yang dapat menyebar melalui inhalasi udara atau dari cairan tenggorokan penderita.

6. Campak

Penyakit campak disebabkan oleh irus yang disebarkan melalui inhalasi udara saat penderita bersin ataupun batuk. Cairan penderita pun juga demikian sehingga ciuman kerap menjadi media penularan penyakit ini.

7. Influenza

Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita melalui berciuman atau melalui udara saat bersin.

8. Hand, foot and mmouth disease (HMFD)

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama coxsackie. Virus ini dapat menyebarkan melalui berciuman, atau melalui fekal oral (fases ke mulut) -  misalnya mengganti popok anak.

9. Meningitis

Meningitis disebabkan oleh virus maupun bakteri. Berciuman dapat mengakibatkan terjadinya penyakit ini. Gejala yang timbul akibat meningitis adalah demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah.

10. Periodontitis

Penyakit ini merupaka akibat plak yang megandung bakteri dan sisa makanan yang menyebar ke kbawah gusi. Penderia penyakit ini dengan gejala berdarah menularkan bakteri pencetus orang lain dengan berciuman.

Siapa sangka bahwa ciuman yang sarat akan tanda sayang dan cinta ternyata memiliki bahaya. Nah, jika Anda ingin berciuman dengan pasangan, maka pastikan mulut Anda dan pasangan juga bersih, agar mengurangi risiko penyebaran penyakit. Dan lebih baik ciuman dilakukan oleh satu pasangan saja, dan di sarankan tidak berganti-ganti pasangan saat ciuman.

Demikian mengenai Waspada, Berciuman Bisa Memicu Penyakit Ini!, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Waspada, Berciuman Bisa Memicu Penyakit Ini!"

Posting Komentar