5 Risiko Kesehatan Jika Kelebihan Serat

5 Risiko Kesehatan Jika Kelebihan Serat

5 Risisko Kesehatan Jika Kelebihan Serat - Serat seharusnya baik untuk pencernaan, apalagi yang sedang menjalankan program dietnya, serat adalah salah satu hal penting yang harus ada agar dietnya bisa sesuai dengan keinginannya. Serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan, untuk membantu sembelit, menurunkan kolestrol dan mambantu dengan manajemen berat badan dan memberikan manfaat lebih banyak lagi.

Serat sendiri di bagi menjadi dua, yaitu serat larut dan serta tidak larut. Kelebihan serat larut bisa berdampak buruk bagi kesehatan perut Anda. Jika Anda bepikir hanya dengan memilih makanan yang memilki kaya serat yang cukup bagi Anda untuk menjadi sehat, Anda salah. Terlalu banyak serat tidak larut juga dapat menjadi berbahaya untuk Anda. Nah, berikut adalah 5 Risiko Kesehatan Jika Kelebihan Serat yang dilansir dari thehealthsite.com :

1. Sembelit

Serat saat iet memang bagus untuk membantu dari sembelit, tetapi kelebihan serat akan malah akan membuat kamu menjai sembelit, lebih jadi kalau asupan air Anda kurang. Sementara serat akan menambah massa pada kotoran Anda, nah jika Anda kekurangan air maka Anda akan menambah sembelit yang lebih parah.

2. Mencegah Penyerapan Mineral Penting

Terlalu banyak serat dalam usus Anda dapat mencegah sel-sel di usus untuk menyerap mineral penting dan nutrisi. Kelebihan serat dalam sistem  biasnya menyebabkan malaborbsi (kesulitan penyerapan nutrisi dari makanan) kalsium, magnesium, zinc dan zat besi.

3. Perut Kembung

Jika Anda memasukan serat yang cukup untuk diri Anda, maka Anda tidak akan perut kembung. Namun jika diet Anda lebih ke serat yang tidak larut ini dapat menyebabkan gas dan kembung, serat tidak larut tidak mudah memecah, serat larut mudah dicerna dan juga memilki sifat probiotik. Jadi kalau perut Anda kembung jangan salahkan serat saja, tapi lihat dulu apa saja yang Anda makan tadi.

4. Dehidrasi

Alasan yang sama kenapa diet kaya serat dapat meenyebabkan sembelit, perut kembung dan gas. Jika Anda kekurangan air saat memasukkan makanan kaya serat Anda dalam emnu diet, ini bisa menyebabkan dehidrasi. Ingat serat membutuhkan air untuk bekerja secara baik untuk tubuh Anda.

5. Diare

Terlalu banyak serat larut dalam diet dapat menghambat proses pencernaan dan mendorongnya  keluat sistem Anda, bahkan sebelum dicerna dan tubuh Anda tidak dapat memperoleh manfaat dari nutrisi makanan. 

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda ingin berencana ntuk meningkatkan serat dalam diet Anda?

- Minum banyak air untuk membantu serat dalam sistem Anda bekerja dengan baik daan efektif.

- Meningkatkan asupan serat secara bertahap, sehingga Anda tidak khawatir mengenai sembelit, diare dan kembung. Kebutuhan serat yang ideal untuk orang dewasa adalah 25-30 gram perhari. Jika ingin meningkatkan itu melakukannya dengan penambahan 10gm yang bisa menambahkan beberapa buah-buahan kering untuk diet Anda.

- Pilih campuran yang tepat dari serat larut dan tidak larut. Jika Anda tidak yakin dengan pilihan makanan Anda, bisa konsultasi ke ahli gizi agar Anda lebih yakin lagi.

- Pastikan kalau Anda juga memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi penting lainnya, seperti susu untuk kalsium, sayuran hijau untuk zat besi, karena tubuh Anda membutuhkannya.

Ingatlah, semua yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh Anda, jadi usahakan jangan berlebihan untuk melkaukan sesuatu. Tetap jaga sehat dan jangan bosan untuk hidup sehat.

Demikian mengenai 5 Risiko Kesehatan Jika Kelebihan Serat, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Risiko Kesehatan Jika Kelebihan Serat"

Posting Komentar