8 Gaya Hidup Bagi Penderita Asma

8 Gaya Hidup Bagi Penderita Asma
8 Gaya Hidup Bagi Penderita Asma - Asma merupakan peradangan kronis yang umumnya trejadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel dan spasme bronkus.

Banyak penderita asma mengandalkan obat untuk mencegah atau meringankan gejala asma. Namun Anda bisa lemlakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan diri sendiri agar serangan asma berkurang.

Berikut adalah Gaya Hidup Bagi Penderita Asma, seperti yang dilansir dari lama mayoclinic, berikut :

1. Gunakan AC

Menggunakan AC di rumah dapat mengurangi debu yang berasal dari berbagai tempat. AC juga menurunkan kelembaban dalam ruangan sehingga dapat mengurangi debu. Jika Anda memiliki AC atau pendingin udara cobalah untuk menjaga jendela tetap tertutup.

2. Dekontaminasi Dekorasi

Minimalkan debu yang dapat memperburuk gejala pada malam hari dengan mengganti barang-barang tertentu di dalam kamar tidur.

3. Jaga Kelembaban Cecara Optimal

Jika Anda tinggal di iklim lembab, bicarakan dengan dokter Anda tentang menggunakan dehumidifier.

4. Cegah Spora Jamur

Bersihkan daerah yang lembab seperti kamar mandi, dapur, dan di sekitar rumah sehingga spora jamur tidak berkembang. Singkirkan daun berjamur, atau kayu bakar basah di halaman.

5. Kurangi Bulu Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan yang berbulu bagi penderita asma bukan masalah asalkan dimandikan secara teratur. Namun sebisa mungkin kurangi jumlah hewan berbulu di rumah.

6. Bersihkan Rumah SecaraTeratur

Minimal seminggu sekali bersihkan rumah Anda. Jika cenderung membangkitkan debu, pakailah masker. Atau Anda bisa menyuruh orang lain untuk membersihkan semua ruangan.

7. Olahraga Teratur

Memiliki asma tidak berarti Anda tidak bisa aktif. Olahraga teratur dapat memperkuat jantung, dan paru-paru yang dapat meredakan gejala asma.

Jika Anda berolahraga di suhu dingin, gunakan masker wajah untuk menghangatkan udara yang Anda tiup.

8. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa memperburuk gejala asma, dan risiko yang lebih tinggi dari masalah kesehatan lainnya. Kontrol mulas, dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Ada kemungkinan bahwa reflux asam yang menyebabkan mulas, hingga merusak saluran pernapasan, dan memperburuk gejala asma. Jika hal itu sering terjadi, konsultasikan dengan dokter, mungkin Anda perlu pengobatan untuk GERD sebelum gejala asma meningkat.

Demikian mengenai 8 Gaya Hidup Bagi Penderita Asma, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "8 Gaya Hidup Bagi Penderita Asma"

Posting Komentar