Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati
Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati - Minuman yang satu ini banyak di sukai orang karena rasanya yang khas, apalagi anak muda zaman sekarang, mereka selalu ngopi hampir setiap hari, katanya kalau enggak ngopi kurang gaul. Okelah, kita tinggalkan pengaruh kopi mengenai gaul atau tidaknya.

Banyak orang beranggapan minum kopi itu hanya memiliki dampak negatif bagi kesehatan, nyatanya malah sebaliknya, kopi juga mempunyai manfaat untuk kesehatan juga lho. Mengonsumis kopi dalam jumlah yang cukup disebutkan dapat mengurangi kerusakan hati. Kerusakan hati ini disebabka oleh beberapa hal, seperti minum alkohol, virus hepatitis, perlemakan hati non alkohol, sirosis, hingga kanker hati.

Minum kopi pun dihubungkan dengan perbaikan kadar enzim-enzim yang mencerminkan fungsi hati, seperti SGOT, SGPT dan GGT. Berikut adalah Manfaat minum kopi untuk kesehatan Hati :

1. Sirosis

Sirosis merupakan penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian. Sebuah penelitian menelaah lebih dari 430 ribu partisipan menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari berkaitan dengan menurunnya faktor risiko hingga 44 persen. Bahkan sebuah studi yang dilakukan, menunjukkan minum kopi 2-3 cangkir dapat menurunkan risiko penyakit ini hampir 57 persen.

2. Kanker Hati

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Tapi ada beberapa peneliti yang percaya efek positif minum kopi dapat menurunkan risiko insiden kanker hati. Penelitian yang dilakukan oleh Tanaka, et al dan Gelatti et al, menyebutkan bahwa pada orang-orang yang mengonsumsi kop sebanyak 3-4 cangkir sehati selama 1-2 tahun berkaitkan dengan menurunnya risiko terserang kanker hati.

3. Penyakit Hati Kronis

Konsumsi kopi juga berkaitkan dengan insiden penaykit hati kronis. Penelitian yang dilakukan MOdi et al menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat berat fibrosis hati ada orang yang menderita penyakit hati kronis. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 cangir kopi bertakitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Mengonsums kopi antara 2-3 cangkir setiap hari memang memiliki efek positif untuk kesehatan, seperti untuk melindungi kesehatan. Ingat, bahwa tidak semua kopi memiliki efek yang baik untuk tubuh Anda, kopi yang difilter memang memiliki efek yang positif untuk kesehatan tubuh kita, tapi kopi espresso tidak memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Jadi minumlah kopi secukupnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kopi.

Demikian mengenai Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati"

Posting Komentar