Kenapa Ada Orang yang Terlahir Kidal?

Kenapa Ada Orang yang Terlahir Kidal?

Kenapa Ada Orang yang Terlahir Kidal? - Meskipun lahir dengan memiliki dua kaki dan dua tangan, tapi tak semua orang cenderung menggunakan kaki atau tangan bagian kanan. Ada beberapa orang yang justru lebih sering menggunakan tangan kirinya. Ada 10 persen dari populasi orang di dunia ini yang menggunakan bagian tubuh kirinya untuk beraktifitas.

Sebuah pertanyaanpun muncul, bagaimana mana bisa seseorang bisa terlahir kidal?

Para pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberaoa orang terkenal yang terlahi kidal, salah satunya adalah presiden Amerika Serikat, yaitu Obama, yang ternyata kidal. Biasanya, hal ini terjadi karena faktor genetik, meskipun sebenaranya ada alasan lain yang bisa menyebabkan seseorang bisa menjadi kidal.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 dan dirilis oleh jurnal PLOS Genetics menyebeutkan jika mereka yang laihir dengan kondisi kidal ternyata mengalami mutasi gen yang membuat adanya pertumbuhan otak dan tubuh bagian kiri dan kanan tidak benar-benar simetris. Mutasi gen ini ternyata bisa mempengaruhi besar aktivitas tangan dan kaki sehingga membuatnya menjadi kidal. Para peneliti menyebutkan kalau 25 persen penyebab kidal adalah faktor mutasi gen.

Proses pertumbuhan dan kebiasan juga ternyata mempengaruhi seseorang menjadi kidal atau tidak. Sebagai contoh, seeorang anak terbiasa makan makan atau menulis dengan tangan kiri, dan dibiarkan oleh orang tuanya, maka ini juga bisa membuat si anak pada akhirnya akan menjadi kidal.

Meskipun berbeda dalam melakukan aktivitas menggunakan tangan atau kaki kiri, hampir tidak ada perbedaan mendasar dalam hal psikologi anatar mereka yang kidal ataupun tidak. Seringkali mejadi kidal hanya akan menjadi pembeda dan menjadikan unik diantara orang lain. Selebihnya? Tidak akan ada pengaruh sama seklai pada seseorang.

Demikian mengenai Kenapa Ada Orang yang Terlahir Kidal?, semoga postingan kali ini bisa bermnafaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kenapa Ada Orang yang Terlahir Kidal?"

Posting Komentar