8 Tanda dan Gejala kanker Paru-paru yang Umum yang Perlu Anda ketahui

8 Tanda dan Gejala kanker Paru-paru yang Umum yang Perlu Anda ketahui - Kanker Paru-paru dikenal sebagai jenis yang paling sering menyerang dewasa yang berusia diatas 70 tahun. Tapi tak menutup kemungkinan bahwa anak-anak muda juga bisa terserang kanker paru-paru. Merokok adalah salah satu penyebab utama (hampir 90% dari semua kasus) dari kanker paru-paru, tetapi orang-orang yag tidak pernah merokok juga bisa terserang kanker paru-paru juga.

Kanker paru-paru bisanya tidak menunjukkan tanda-tanda dan gejala pada tahap awal dan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Dan ketika gejala muncul, biasanya penyakit ini sudah menyebar ke bagian lain atau organ-organ tubuh. Dr Gyanendar Agrawal, Konsultan Senior, Respiratory dan Uni Perawatan Kritis, Rumah sakit Jaypee, Noida, menyoroti sebagai gejala umum dari kanker paru-paru biasanya sebagai berikut, seperti dilansir thehelathsite.com
8 Tanda dan Gejala kanker Paru-paru yang Umum yang Perlu Anda ketahui

Batuk Kronis

Sebuah batuk yang biasnya tidak hilang dalam dua sampai tiga kali minggu atau memburuk. Hal ini ditemukan bahwa lama batuk menyebabkan rasa sakit di dada saat batuk.

Batuk Berdarah

Beberapa pasien kanker paru-paru ditemukan batuk karat berwarna sputum (lendir atau dahak) yang berisi darah , yang merupakan salah satu tanda kenker paru-paru.

Kesulitan Bernafas

Merasa sesak nafas, mengi (nafas dengan suara) atau sesak dada adalh tanda umum dari kanker paru-paru ini, yang juga bisa mengindikasikan kanker paru-paru yang mendasari.

Perubahan Wajah dan Vokal

Ada beberapa perubahan signifikan dalam suara, seperti Anda menjadi serak atau ada suara yang keras saat bernafas. Dan juga pembekakan wajah, lengan dan leher juga bisa diamati pada orang yang menderika penyakit ini. Dikenal stridor, perubahan nada suara atau pernafasan abnormal sebagai tanda utama dari kanker paru-paru.

Infeksi Berulang

Karena kekebalan tubuh menjadi lemah, maka kemungkinan terserang penyakit lainnya pada pasien. Pada orang yang mederita kanker paru-paru, infeksi pada sistem pernafasan seperti bronkitis cenderung berulang. Dalam beberapa kasus, akumulasi cairan yang abnormal di dada juga dikenal sebagai pneumonia bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Jika seseorang memiliki asma atau penyakit paru-paru yang sudah ada dan mengalami gejala baru seperti penyakit kuning, kejang, dll, maka bisa menjadi kanker paru-paru.


Gejala umum lainnya yang biasanya terjadi dikemudian hari dari kanker paru-paru berikut ini :


Nyeri Tulang

Nyeri pada sendi, punggung dan pinggul adalah umum, ketika kanker berkembang ke bagian lain dari tubuh. Sebuah patah tulang yang bukan karena cedera atau kecelakaan juga dalam beberapa kasus

Gejala Neourologis

Dalam kasus sel-sel kanker bermigrasi ke sistem saraf, perubahan fungsi neurologis juga dapat menjadi nyata. Ini termasuk sakit kepala, pusing, kejang, masalah keseimbangan, perubahan perilaku dan mati rasa di kaki dan tangan.

Pembengkakan pada Tubuh

Pada tahap akhir dari penyakit ini, benjolan di daerah leher dan di atas tulang selangka terlihat karena kanker menyebar ke kelenjar getah bening dan wajah. Oleh karena itu jika Anda mengalami pembengkakan yang tidak wajar pada tubuh bagian atas yaitu lengan leher, wajah dan bagian atas lainnya. Segerakan untuk konsultasi ke dokter terdekat untuk mendapatan tidakan medis.


Sebagian besar gejala di atas dapat disebabkan oleh kondisi klinis lain selain kanker paru-paru. Maka sebaiknya segera periksakan kedokter jika Anda menderita gejala dan tanda seperti di atas.

Demikian mengenai 8 Tanda dan Gejala kanker Paru-paru yang Umum yang Perlu Anda ketahui, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buta kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "8 Tanda dan Gejala kanker Paru-paru yang Umum yang Perlu Anda ketahui"

Posting Komentar