Manfaat Meditasi untuk Kesahatan

Manfaat Meditasi untuk Kesahatan - Meditasi, terkadang disebut juga semadi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Meditasi dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Pada pasien penyakit kronis, meditasi bisa membantu kesembuhan dan mempercepat pemulihan tubuh.

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani menjelaskan, manusia memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa atau emosi yang saling berhubungan. Ketika pikiran stres, emosi marah, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Sedangkan, ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan hormon endorfin.
Manfaat Meditasi untuk Kesahatan

"Penyakit itu bisa terjadi kalau kita terlalu stres," kata Amrit dalam jumpa pers pembukaan The Golden Space Indonesia di Sudirman Park, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang.

Amrit mengatakan, komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia pun diatur oleh sistem di tubuh, yaitu napas. Misalnya, saat panik atau marah, napas akan lebih cepat.

Nah, meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidip, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.


Selain itu, lanjut Amrit, meditasi juga bisa membantu seseorang menghilangkan fobia. "Fobia itu berasal dari bawah alam sadar kita. Kenapa kita takut? Tapi kalau kita mengerti kenapa takut, biasanya orang sudah enggak takut lagi," jelas Amrit.

Demikian mengenai Manfaat Meditasi untuk Kesahatan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Manfaat Meditasi untuk Kesahatan"

Posting Komentar