Amankah Menggunakan Jaket atau Jas Hujan Saat Lari?

Amankah Menggunakan Jaket atau Jas Hujan Saat Lari?
Amankah Menggunakan Jaket atau Jas Hujan Saat Lari? - Saat berlari kadang kita melihat ada orang yang menggunakan jaket panjang dan jas hujan di siang hari. Biasanya mereka yang menggunakan cara ini beralasan agar mereka lebih banyak berkeringat agar bisa menurunkan berat badan secara cepat. Padahal, pakar kesehaatan menyebutkan jika cara berlari seperti ini sangat tidak sehat dan bahkan cenderung berbahaya untuk kesehatan.

Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi? Berlari di bawah cuaua nan terik saja sudah dianggap sebagai hal yang tidak sehat dan berbahaya untuk kesehatan, apalagi di tambah dengan jaket dan jas hujan. Pakar kesehatan Zaini Siregar menyebutkan kalau keringat yang muncul sangatlah banyak sehingga mereka merasakan sensasi seakan-akan membuat langsing.

Padahal dalam kenyataannya, kita justruu akan membuat tubuh lebuh mudah untuk dehidrasi mengingat banyak cairan yang keluar dari tubuh kita. Tak hanya itu, karena kita menggunakan jaket yang menutupi tubuh kita, suhu tubuh juga akan meningkat dan berisiko mengalami heat stroke.

Secara alami kita mengeluarkan keringat saat olahraga karena sebagai kompensasi akan kenaikan suhu tubuh secara alami, namun, jika kita memakai jaket, kita akan merasakan panas pada tubuh terus-menerus meskipun kita berkeringat. Alhasil, tubuh akan kehilangan caiaran dalam jumlah yang banya dan suhu tubuh kita bisa naik sampai 40 derajat celcius, maka dari itu kita kana menagalami yang namannya heat stroke. Heat stroke sendiri bisa dikenali dengan gejala pandangan kabur dan berkunang-kunang, tangan yang lebih dngin dan wajah yang semakin pucat. Jika hal ini biarkan terus, maka akan jatuh pingsan.

Sebaiknya saat berolahraga jangan memakai jaket atau pakean yang tertutup dan ketat, usahakan saat berolahraga gunakanlah pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Selain itu, penuhilah kebutuhan air dalam tubuh selama berlari atau sebelum berlari. Jika ingin menurunkan berat badan, berlarilah dengan rutin dan jangan menggunakan jaket.

Demikian mengenai Amankah Menggunakan Jaket atau Jas Hujan Saat Lari?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Amankah Menggunakan Jaket atau Jas Hujan Saat Lari?"

Posting Komentar