Cara Memperkuat Sendi Lutut

Cara Memperkuat Sendi Lutut

Cara Memperkuat Sendi Lutut - Osteoartritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoartritis terdiri atas osteoartritis primer yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan Osteoartritis sekunder yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial.

Osteoartitis lebih banyak menyerang pada usia di atas 65 tahun, tapi kebalakangan ini banyak kasus ditemukan pada usia 30-65 meningkat menjadi 10 kali lipat dari kasus sebelumnya.

Umumnya penyakti ini banyak menyerang para pria yang masih mudah (usia kurang 45) dan wanita tua (usia lebih 45). Tulang rawan sendi besar, seperti bahu, lutut, dan pinggul merupakan bagian tubuh yang sering osteoartitis.

Kerusakan tulang yang disebabkan osteartitis akan membuat pergerakan sendi menjadi nyeri, kaku, kelemahan otot, bahkan kedua tulang yang berhubungan oleh sendi yang bersangkutan bisa menyatu.

Penyakit ini dapat menurukan fungsi dan kualitas hidup seseorang, bahkan hingga menyebkan kecacatan dari semua penderita osteoartitis dilaporkan 80 persen mengalami keterbatasan pergerakan, 20 persen tidak dapat melakukan aktivitas berat.

Faktor Risiko Osteoartitis
Sampai hari ini belum diketahui penyebab pasti dari penyakit ini. Nmum berbagai penelitian meyakini bahwa obesitas, penuan, trauma pada sendi, pekerjaan, dan genetik juga bisa berperan dalam timbulnya penyakit ini.

Para orang muda, osteoartitis biasanya terjadi akibat melakukan olahraga high impact dan retan terhadap cedera, seperti sepk bola, rugby, footbal, tinju, dan lainnya. Selain itu, pekerjaan berat seperti, buruh bangunan, tukang kayu, pekerjaan yang memanggul barang berat juga bisa terkena risiko osteartitis lebih awal.

Memperkuat Sendi Lutut
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah atau memperlambat perjalanan penyakit osteoartitis pada lutut adalah dengan menurunkan berat badam. Sebab berat badan yang berlebih akan turut membebani sendi lutut dengan berkurangnya berat badan pada tubuh, maka beban sendi lututpun akan berkurang.

Apabila Anda melakukan aktivitas olahraga yang risiko cedera tinggi pada lutut, sebaiknya Anda menggunakan pelindung lutut. Jika olahraga high impact dapa meningkatkan risiko osteoartitis, olahraga low impact seperti  bersepeda, joggging dan yoga justru menurunkan risiko terkena penyakit ini. Bebagai studi mengungkapakan bahwa dengan aktivitas bergerak, kesehatan sendi lutut dapat terjaga . Disamping itu, olahraga dapat berkontribusi terhadap turunnya berat bada.

Olahraga air seperti berenang di sebut-sebut lebih membantu penderita osteoartitis di banding olahraga di darat. Yuk, bergerak agar sendi lutut kita tetap sehat!

Demikian mengenai Cara Memperkuat Sendi Lutut, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Memperkuat Sendi Lutut"

Posting Komentar