Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi

Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi
Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi -  Mimpi adalah bunga tidur, saat kita tidur maka kita akan merasakan mimpi, entah mimpi yang menyenangkan atau mimpi buruk. Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan indra pendengaraan, pengelihatan, pikiran, perasaan dan indra lainnya.  Mimpi memang menjadi misteri tersendiri, kita tidak bisa membuat mimpi yang kita mau, tapi terkadang ada kalanya mimpu itu sangat nikmat sekali, sampai-sampai kita tidak mau bangun dari mimpi tersebut.

Ternyata mimpi memiliki Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi, berikut adalah ulasannya yang di kutip dari detikcom :

1.Mimpi Basah Dipengaruhi Hasrat Seksual
Mimpi basah ternyata diawali oleh sensasi seksual yang dipersepsikan oleh otak saat pria tidak tidur, dalam keadaan sadar. Hal ini akan membuat munculnya sensasi yang diendapkan dalam alam-pikir bahwa sadar yang terletak pada jaringan otak. Kemudian saat tidur, sensasi ini akan disimpan dalam otak dan akan membentuk mimpi yang erotik, hingga mampu secara refeleksi memicu ejakulasi sperma.

2.Menikah Bisa Bikin Mimpi Basah Berhenti
Jika pria teratur melakukan hubungan seksual atau aktivitas lain yang menimbulkan orgasme dan ejakulasi akan jarang mengalami mimpi basah. Bahkan, beberapa pria usia tua menjadi tak pernah mengalami mimpi basah lagi.

3.Mimpi Erotis Wanita Beda dengan Pria
Mimpi erotis pada wanita tidak bisa disebut mimpi basah lantaran saat wanita mengalami orgasme, ia tidak akan mengalami ejakulasi seperti pria. Meski begitu sensasi mimpinya tetap sama.

4.Terlalu Sering Minum Obat Tidur Picu Mimpi Aneh
Selama tidur diinduksi, seseorang mungkin mendapat mimpi yang tidak biasa seperti berjalan dalam tidur, ketidakstabilan, bercinta atau berjalan di tanah.

5.Mimpi Buruk Bukan Ramalan
Masih banyak orang percaya bila mimpi buruk merupakan tanda akan terjadinya suatu bencana di masa depan. Padahal ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bila mimpi buruk merupakan efek samping atau residu dari proses penyimpanan memori jangkan panjang.

6.Sulit diingat Bila Bangun Karena Alarm
Trauma akibat bunyi alarm yang menarik paksa seseorang dari dunia mimpi menuju dunia nyata dapat menyebabkan orang melupakan apa yang terjadi dalam mimpi. Cara terbaik untuk mengingat mimpi adalah dengan membiarkan tubuh bangun sendiri dengan perlahan selama beberapa menit sambil menyingkirkan kepeningan.

7. Terjadi Setiap Malam
Mungkin tidak setiap hari bisa mengingat mimpi, namun setiap orang akan bermimpi di beberapa titik saat tidur. Mimpi tidak terjadi apabila mengalami gangguan di otak atau akibat beberapa penyakit.

8.Aktivitas Otak Berbeda saat Orang Mengingat Mimpi
Aktivitas spontan di bagian otak yang disebut persimpangan temporo-pariental diketahui lebih aktif pada orang yang lebih sering mengingat mimpi dibandingkan orang yang jarang. Perbedaan aktivitas otak tidak hanya terjadi selama tidur saja, tetapi juga ketika partisipan berada dalam kondisi sadar.

9.M*sturbasi Kurangi Frekuensi Mimpi Basah
Normalnya, pria akan mengalami mimpi basah pertama kali saat memasuki masa pubertas. Namun jika hasrat seksual sudah dipenuhi melalui m*sturbasi, mimpi basah bisa datang terlambat dan berkurang.

10.Terjadi Secara Real Time
Mimpi ternyata bisa terjadi selama 20, 30, bahkan 60 menit. Pada tahap awal tidur, mimpi mungkin memiliki durasi yang tidak terlalu panjang. Namun semakin larut, periode REM semakin lama dan durasi mimpi bisa menjadi semakin panjang.

11. Sebagian Besar Tidak terlalu Menyenangkan
Mimpi cenderung jadi menakutkan karena pada dasarnya seseorang sedang mempersiapkan usaha agar bisa bertahan hidup guna mengantisipasi kenyataan hidup yang ada. Selain itu, mimpi yang sebenarnya merupakan mimpi buruk karena dipengaruhi oleh ancaman yang kita khawatirkan dalam hidup, bahkan ketika tidur.

12.Tanda Masalah Kesehatan
Mimpi buruk kadang bisa juga menunjukkan kondisi jantung dan migrain. Bahkan, infeksi pada tubuh bisa meningkatkan jumlah gelombang tidur. Sehingga saat tidur dapat menjadi lambat dan lama-kelamaan dapat dipengaruhi oleh kesadaran hingga menyembabkan mimpi 'nyata' dan halusinasi yang aneh.

13.Penglihatan Lebih Baik daripada Pendengaran
Mimpi cenderung memiliki sifat lebih visual dari pendengaran sebab pendengaran harus dirangsang oleh sentuhan. Hal ini yang membuat mayoritas kemampuan saat bermimpi adalah melihat.

14.Bisa Org*sme Sambil Bermimpi
Seperti org*sme yang nyata, Anda dapat merasakan kenikmatan bahkan lebih kuat dan memuaskan saat sedang bermimpi. Org*sme ini berbeda dengan mimpi basah dan merupakan salah satu fakta aneh tentang mimpi.

15.Nonton TV Picu Mimpi buruk
Pada dasarnya, mimpi berasal dari pikiran bawah sadar seseorang. Nah, ketika sebelum tidur Anda menonton TV, acara yang ditonton dapat berkaitan dengan kondisi emosional seseorang. Selain itu, otak akan lebih fokus pada acara TV. Sehingga, ketika tidur, apa yang direkam otak dan amat Anda pikirkan terkait acara TV tersebut bisa muncul dalam mimpi dalam bentuk hal-hal yang terasa buruk, aneh, bahkan tak jelas.

16.Banyak Hal Aneh Terjadi Dalam Mimpi
"Saat Anda bermimpi, tak peduli betapa anehnya, misal permain kartu dengan tupai hijau raksasa dan Ratu Mary, itu tidak aneh. Itu aneh hanya ketika Anda terbangun dan melangkah ke dunia nyata, dan menganggap bahwa mimpi itu aneh," ungkap Rubin Naiman, psikolog spesialis tidur dan pengobatan mimpi di Universitas Arizona.

Mimpi tersebut mendapat predikat aneh hanya setelah orang terbangun dan mengatakan bahwa mimpi itu aneh. Menurut Naiman, membandingkan keanehan dalam mimpi dengan keanehan dalam dunia nyata seperti membandingkan menu makan di dua negara dengan budaya berbeda.

17.Rileks Cegah Mimpi Buruk
Cobalah membuat tubuh nyaman dan rileks sebelum tidur. Cara ini dapat membantu mencegah mengalami mimpi buruh saaat sednag tidur. Caranya bisa dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau kegiatan lain yang membuat hati menjadi lebih positif.

18.Kepribadian Tertutup Tingkatkan Risiko Mimpi Buruk
Memiliki kepribadian yang tertutup ternyata dapat meningkatkan risiko lebih besar mengalami mimpi buruk pada malah hari. Kondisi ini dikarekan banyaknya masalah yang dialami orang tersebut tidak dikeluarkan dan akhirnya menumpuk di alam bawah sadar, dan dimanifestasikan melalui mimpi buruk.

19.Trauma Tingkatkan Risiko Mimpi Buruk
Kejadian traumatik seperti mengalami bencana atau kehilangan orang terdenganr juga berpengaruh terhadap mimpi buruk. Trauma dapat mempengaruhi siapa saja, bahkan orang yang sebelumnya tidak pernah mengalami mimpi buruk dan tidurnya teratur.

20.Sering Mimpi Buruk Bukan Berarti Gejala Gangguan Jiwa
Sering mengalami mimpi buruk memang dipengaruhi oleh kondisi mental seseorang. Namun, mimpi buruk bukan menjadi tanda Anda mengalami gejala gangguan jiwa. Hal tersebut karena mimpi buruk bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk tekanan pekerjaan atau masalah pribadi.

21.Terlalu Lelah Picu Mimpi 'Jatuh'
Seringkali saat bermimpi beberapa orang akan mengalami seolah-olah akan jatuh dan tiba-tiba terbangun. Ternyata kondisi ini disebabkan karena tubuh terlalu lelah sehingga adanya lompatan gelombang otak dari tidur ringan langsung masuk ke tidur normal

22.Mimpi Buruk Tingkatkan Risiko Psikosis Pada Anak
Anak-anak yang kerap mimpu buruk dapat meningkatkan risiko psikosis seperti halusinasi dan delusi. Psikosis sendiri merupakan gangguan yang menyebabkan ketidakmampuan seseorang menilai realita dengan fantasi dirinya.

23.Sambal Picu Mimpu Buruk
Bagi penggemar Sambal, disarankan untuk tidak mengonsumsinya bila tidak ingin mengalami mimpi buruk. Walaupun belum ada bukti kuat, mengonsumsi makanan pedas mungkin akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif terhadap komposisi kimia pada makanan tertentu sehingga meningkatkan risiko mimpi buruk atau mimpi aneh saat tidur.

24.Makanan Berat Juga Picu Mimpi Buruk
Makan berat seperti produk olahan susu juga disebut-sebut bisa tingkatkan risiko untuk mengalami mimpi buruk pada seseorang. Penyebabnya, makanan tersebut bisa mempengaruhi metabolisme tubuh dan berdampak pada aktivitas otak.

25.Bau Mempengaruhi mimpi
Meskipun bau tidak dapat mengubah mimpi, tetapi bau yang menyenangkan dapat mempengaruhi otak ketika tidur sehingga menjadi lebih rileks dan bermimpi lebih indah. Salah satu caranya dapat dengan merangsang otak dengan menyalakan lilin aromaterapi sebelum tidur. Sebaliknya bila Anda mencium bau tidak menyenangkan, bisa meningkatkan risiko mendapatkan mimpi buruk

26.Pil Antidepresan Tingkatkan Risiko mimpi Buruk
Pil-pil antidepresan yang seharusnya menenangkan Anda, mungkin dapat membawa Anda kepada mimpi buruk. Obat ini dapat diketahui dapat mengintensifkan REM (Rapid eye movement) yaitu tahapan dimana seseorang bermimpi.

27.Perut Lapar Bikin Mimpi Makanan
Orang yang tidur dalam keadaan lapar juga cenderung bermimpi tentang makanan, bahkan dalam suatu studi menyatakan bahwa pasien anoreksia hampir selalu bermimpi tentang makanan ketika tidur.

28.Gula Darah Rendah Membangunkan Anda
Orang yang sedang menjalankan diet, biasanya akan mengurangi porsi makan malam dan pergi tidur dalam keadaan lapar. Tetapi gula darah yang rendah dapat membangunkan Anda dari tidur, sehingga Anda lebih banyak mengingat mimpi Anda selama tidur.

29.Film Horor Picu Mimpi Buruk
Musik yang sedang Anda dengarkan, buku yang sedang Anda baca, acara TV yang sedang Anda tonton, dan percakapan Anda dengan pasangan dapat mempengaruhi mimpi. Sehingga terkadang seseorang mendapatkan mimpi buruk setelah menonton film horor.

30.Ibu Hamil Lebih Sering Bermimpi
Studi telah menemukan bahwa orang yang sedang hamil atau memasuki periode melahirkan lebih sering bermimpi. Hal ini disebabkan karena campuran emosi, kurang tidur dan kadar hormon yang berfluktuasi

31.Berhenti Merokok Lebih Sering Bermimpi
Berdasarkan sebuah studi, sekitar 63 persen mantan perokok masih bermimpi tentang merokok hingga setahun kemudian setelah menghentikan kebiasaan buruknya itu. Hal ini terjadi sebagai efek penarikan nikotin yang dapat meningkatkan aktivitas otak dengan cara membuat Anda lebih sering bermimpi.

32.Tidur Tengkurap Picu Mimpi Tentang Seks
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal Dreaming menemukan bahwa tidur dengan posisi tengkurap telah dikaitkan dengan mimpi tentang seks. Para peneliti berpendapat bahwa mungkin ada hubungannya antara mimpi tentang seks dengan pola pernapasan seseorang yang tidur dalam dalam posisi ini.

33.Gula-gula Sebabkan Mimpi Buruk
Hindari makanan yang mengandung gula bila tidak ingin mimpi buruk. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dari gula-gula menciptakan gelombang otak yang berkaitan dengan mimpi buruk sehingga tampak lebih mengerikan.

34.Kondisi Tempat Pengaruh Mimpi
Ingin memiliki mimpi indah? Atur ruangan tidur senyaman dan menenangkan mungkin, seperti memilih kasur nyaman dengan warna tirai dan suhu pada ruangan yang nyaman. Dengan memastikan bahwa Anda hanya fokus pada tidur dan relaksasi di kamar tidur, Anda mungkin mengalami mimpi yang lebih baik.

35.Mimpi Bikin Orang Pintar
Mimpi tentang sesuatu yang baru saja dipelajari bisa menjadi tanda bahwa pengetahuan yang baru telah diproses dengan efektif. Hal ini mungkin dikarenakan otak tetap aktif saat sedang tidur sehingga memproses informasi dan peristiwa penting  yang baru dialami, kemudian mengintegrasikannya ke dalam memori luas.

36.Pria Lebih Sering Mimpi Basah di Akhir Pekan
Akhir pekan dan hari libur merupakan waktu istirahat bagi kebanyakan laki-laki, sehingga bisa tidur lebih lama dibandingkan pada hari-hari biasa. Karena durasi tidurnya lebih lama, ada lebih banyak peluang untuk bermimpi dan ada kemungkinan satu di antaranya adalah mimpi basah.

37.Perempuan dan Anak-anak Lebih Sering Mimpi Buruk
Mimpi buruk ternyata lebih banyak dialami anak-anak dan perempuan. Salah satu penyebabnya yaitu faktor emosi yang kurang baik, seperti sedih, marah atau ketakutan. Sedangkan mimpi buruk pada anak-anak biasanya karena si anak tidak bisa membedakan imajinasi dan realitas sehingga kadang ketika bangun pun anak masih merasa ketakutan.

38.Melumpuhkan Anda Sesaat
Selama fase tidur rapid-eye movement (REM), otot akan menjadi lumpuh meskipun terkadang ada orang yang bermimpi melakukan kegiatan seperti berlari atau melompat. Sebuah Penelitian telah menunjukkan bahwa dua sistem kimia otak yang kuat bekerja sama untuk melumpuhkan skeletal otot selama tidur REM.

39.Tak Bisa Mengingat Mimpi
Sebagian besar mimpi sulit untuk diingat setelah terbangun. Mimpi seram mungkin masih dapat teringat dalam pikiran, tetapi detail menjadi tidak jelas. Hal ini karena bagian otak 'sub-conscious mind' tidak memindahkannya dari memori jangka pendek menjadi jangka panjang, sehingga akan segera terlupakan setelah bangun tidur.

40.Memadukan Masa Lalu dan Masa Depan
Sebagian besar mimpi berpusat di masa lalu. Melihat kehidupan masa kecil, rumah zaman kecil atau kehidupan sekolah adalah bentuk mimpi yang biasa. Namun yang unik adalah mimpi bisa memadukan antara kehidupan masa lalu dan masa depan.

41.'Banjir' Mimpi
Beberapa obat seperti psikostimulan dapat menekan mimpi yang dialami saat tidur. Sehingga, saat berhenti mengonsumsi obat tersebut bisa membuat Anda mengalami mimpi dengan intensitas yang lebih dari biasanya.

42.Tidur Terlalu Larut Menyebabkan Mimpi Buruk
Seseorang yang tidur terlalu larut ternyata lebih mungkin menglaami mimpi buruk daripada orang yang tidur lebih awal. Hal ini mungkin diakibatkan oleh hormon stres kortisol yang mengalami kenaikan karena tidur terlalu larut dapat memicu mimpi buruk.

43.Tubuh Lumpuh Saat Tidur
Saat tidur ternyata otot-otot tubuh akan mengalami lumpuh selama memasuki fase REM alias tidak bisa bergerak sama sekali. Ini karena terdapat dua sistem kimia otak yang bekerjasama untuk membuat seseorang 'lumpuh' selama fase ini berlangsung.

44.Kurang Tidur Picu Mimpi Buruk
Ketika seseorang kurang tidur di malam sebelumnya, di malam berikutnya ia bisa mengalami fase tidur REM yang lebih kuat atau dikenal dengan REM rebound. Dengan adanya REM rebound, mimpi akan lebih intens hingga potensi mengalami mimpi buruk pun lebih besar.

45.Mimpi Buruk Tak Melulu Soal Ketakutan
Mimpi buruk ternyata tidak selalu berasal dari ketakutan pada sesuatu, tetapi juga bisa dengan emosi-emosi yang terjadi akibat sesuatu hal. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang menganalisis dari 331 orang. Para peneliti itu menemukan bahwa banyak mimpi buruk diakibatkan oleh rasa kegagalan, ketakutan, kebingungan, kesedihan, dan rasa bersalah.

46.Mengingau Tidak Ada Hubungannya dengn Mimpi
Mengingau ternyata tidak ada kaitannya dengan mimpi, sehingga orang yang mengigau biasanya tak ingat kalau dia berbicara atau bergumam saat tidur. Kondisi ini disebabkan oleh kurang jam tidur seseorang sehingga memicu seseorang mengigau.

47.Ketindihan Juga Bagian Dari Mimpi
Ketindihan saat tidur ternyata tidak ada kaitan dengan mitos-mitos seperti ditindih makhluk halus, kena guna-guna atau santet. Saat tidur, otot sewajarnya menjadi melemah supaya tidak mempraktikan apa yang sedang dimimpikan. Hal yang mengganggu adalah ketika mata sudah terbangun, otot tubuh masih tidur sehingga tubuh tidak bisa bergerak atau seperti ketindihan.

48.'Jadi Nyata'
Menariknya, ada sebuah gangguan tidur langka di mana yang bersangkutan akan memperagakan mimpi yang sedang dialaminya saat tertidur. Namun keadaan ini bisa berubah menjadi bahaya bilamana mimpi yang dialaminya memaksanya untuk melakukan sesuatu yang ekstrem, seperti melompat, terjatuh, berteriak, menendang dan meninju.

49.Jaga Kesehatan Tidur
Bila ingin terhindar dari mimpi buruk, cobalah untuk menjaga kesehatan tidur Anda. Hal ini dikarenakan saat seorang sulit tidur, akan semakin besar kemungkinan mimpu buruk akan muncul. Apalagi jika seseorang mengganggap tidur adalah kegiatan yang membuat stres, frustasi dan tidak menyenangkan.

50.Terjadi Sepanjang Malam
Saat tidur, mimpi akan terjadi secara konstan. Hal ini tersebut terjadi karena pada fase apid eye movement atau REM, orang menjadi lebih peka terhadap kehadiran mimpi. Terlebih saat semakin larut, periode REM akan menjadi semakin panjang. Itulah mengapa mimpi kebanyakan disadari pada sepertiga akhir malam.


Demikian mengenai Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Fakta-fakta Menarik dan Unik Mengenai Mimpi"

Posting Komentar