Metode Baru Penghilang Nyeri Lewat Rekayasa Saraf

Metode Baru Penghilang Nyeri Lewat Rekayasa Saraf - Nyeri yang tak kunjung sembuh-sembuh, kadang-kadang membuat kita yang menderita bikin frustasi dengan keadaan. Padahal sudah minum obat berbagai macam jenis, tapi rasa nyeri masih ada.

Nah, ternyata sekarang sudah ditemukan metode baru untuk penanganan baru mengenai keluah tersebut. 

"Bernama Interventional pain management (IPM) atau manajemen nyeri dengan intervemsi," Kata Nancy M. Rehatta, ketua Kolegium Anesiologi dan terapi intensif (KATI), seperti dilansir tempoco di Rumah Sakit Dokter Soetomo Surabaya.

Nyeri adalah sinyal tubuh untuk memberitahu kita bahwa ada yang salah dalam tubuh kita. Penyebabnya ulai dari trauma karena kecelakan, penyait kanker, hingga kebiasaan negatif lainnya, semisal menggunal sepatu high heels terlalu lama yang bisa berujung radang sendi.
Metode Baru Pehilang Nyeri Lewat Rekayasa Saraf

Berdasarkan klasifikasinya, nyeri tergolong kronik apabila berlangsung melebihi rentang waktu suatu nyeri akut. Nyeri akut normalnya mencapai kesembuhan antara satu, tiga, hingga enam bulan. “Lebih dari itu, tergolong kronik,” kata Nancy.

Dia mengatakan beberapa nyeri kronik yang banyak dialami orang Indonesia adalah nyeri punggung belakang, lutut, leher, dan bahu. Sakit itu disebabkan pola hidup yang kurang gerak tubuh, sementara beban kerja berlebihan.

Selama ini, penanganannya lewat obat. Tapi, pada kasus berat, penyuntikan morfin pun kerap gagal. Di sisi lain, pasien juga kebanyakan ogah dioperasi. Jadi, kalau nyeri, pasien menenggak obat. Saat sakitnya timbul lagi, ya minum obat lagi. “Begitu terus-menerus,” ujar Nancy, Guru Besar Ilmu Anestesiologi Universitas Airlangga, Surabaya.

Padahal, konsumsi remedi dalam jangka panjang memberikan efek bahaya, misalnya perdarahan lambung, gangguan ginjal, dan osteoporosis. “Nah, teknik intervensi ini digunakan supaya pasien terhindar dari risiko-risiko tersebut,” ujar dia.

Tindakannya berupa merekayasa saraf yang menyampaikan rasa sakit ke otak. Dengan menggunakan alat ultrasound maupun radio frequency, pasien diberi suntikan steroid atau anestesi lokal untuk memblok saraf sementara waktu. “Nanti jika terasa nyeri lagi, pasien bisa diberi lagi bergantung kondisinya,” kata Ketut Ngurah Gunapriya, dokter spesialis anestesi dari Universitas Brawijaya.

Adapun untuk efek permanen, dokter memberikan suntikan zat neurolitik alias langsung merusak saraf yang menjadi sumber nyeri. Bisa juga dengan ablasi atau membakar saraf tersebut dengan radio frequency. “Sehingga tidak ada lagi hantaran rasa nyeri,” ujar Ketut.

Untuk mencegah efek samping, dia menambahkan, dokter kudu memastikan cairan obat tidak masuk ke pembuluh darah. “Pasien harus diberikan injeksi kontras sebelum obat-obatan yang lain,” kata lulusan penanganan teknik nyeri di Budapest itu.

Guru Besar Anestesi Universitas Hasanuddin, Makassar, Andi Husni Tanra, mengakui teknik intervensi tak bisa menghilangkan nyeri sepenuhnya. Namun, angka keberhasilannya mengurangi sakit lebih dari 50 persen. “Yang penting memperbaiki kualitas hidup pasien, bisa kembali beraktivitas dan bekerja,” kata dia.

Profesor Husni mengatakan metode ini tergolong gres di Indonesia, juga di Asia Tenggara. Selama ini, pasien harus ke luar negeri untuk mendapat intervensi nyeri. Biayanya, dia menambahkan, sekitar Rp 97 juta di Singapura dan Rp 20 juta di Eropa. “Di sini bisa lebih murah,” kata dia. Perlu diingat, terapi ini sebatas menghilangkan rasa sakit, bukan penyakitnya. Jadi, meski ngilu sirna, sumber masalah tetap perlu diatasi.
sumber:tempo co

Demikian mengenai Metode Baru Penghilang Nyeri Lewat Rekayasa Saraf semoga postingan kali ini bisa bemanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Metode Baru Penghilang Nyeri Lewat Rekayasa Saraf"

Posting Komentar